Lamongan, ganasnews- Masih dalam serangkaian Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-453. Pemkab Lamongan gelar Gowes bareng Bupati, Ribuan peserta mengikuti kegiatan tersebut yang tidak hanya diikuti peserta dalam kota saja namun juga peserta dari luar Kabupaten Lamongan, seperti Gresik, Surabaya, Tuban dan Bojonegoro.

Acara yang dihelat di halaman Kantor Pemkab Lamongan tersebut juga dimeriahkan dengan aksi flash mob puluhan penari yang menampilkan Tari Boran, yakni tarian tradisional asli Lamongan yang kaya akan nilai seni, budaya dan filosofis di dalamnya, Minggu (5/6) pagi.

Tari Boran sendiri terinspirasi dari para penjual nasi boran, yaitu makanan tradisional khas Lamongan. Pada jaman dahulu para penjual nasi boran menjajakan dagangannya dengan cara menggunakan wakul atau wadah nasi yang terbuat dari bambu dan ditaruh diatas kepala mereka untuk membawanya.

Advertisements

Untuk menjajakannya mereka berjalan kaki dan menawarkan dagangannya kepada setiap orang yang dijumpainya. Di bawah panasnya terik matahari dan kerasnya kehidupan mereka berjuang untuk mencari rejeki. Dari perjuangan mereka itulah yang menginspirasi para seniman di Lamongan untuk menciptakan Tari Boran ini.

Baca juga :   Sidak Perbaikan Jembatan Ambles, Gubernur Khofifah : Saya Mohon Masyarakat Untuk Bersabar

Keindahan dari Tari Boran terletak pada gerakannya yang memukau dan tersusun rapi. Dalam pertunjukannya, Tari Boran dilakukan secara berkelompok sehingga formasi dan kekompakan sangat penting di sini.

Gerakan Tari Boran cenderung sederhana tapi penuh makna. Setiap gerakan dalam Tari Boran menggambarkan aktivitas para penjual nasi boran pada jaman dahulu, mulai dari menyiapkan makanan sampai menjualkannya kepada pelanggan.

Melihat kemeriahan acara dan tingginya antusiasme peserta, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berharap Gowes berjalan lancar dan tertib.

Advertisements

“Selamat datang, sehat selalu, sukses selalu untuk para peserta Gowes. Masih dalam rangka HJL Ke-453, mari kita meriahkan bersama dan kegiatan funbike hari ini semoga mendatangkan kebahagiaan menjadikan kita lebih semangat lagi dalam menghadapi masa-masa yang akan datang,” ucapnya dihadapan ribuan peserta Gowes.

Baca juga :   Rakerda IPM Lamongan 2021-2023, Bupati Yes Ajak Pelajar Ambil Bagian Dalam Proses Pembangunan Peradaban Indonesia dan Dunia

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Yes juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah bersama-sama mensukseskan kegiatan ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lamongan, Kandam menghimbau agar seluruh peserta tetap menjaga ketertiban. Hal ini dikarenakan banyaknya peserta Gowes yang akan melewati jalur yang ramai kendaraan.

“Ini pesertanya lebih dari 2.000, baik dari kabupaten Lamongan maupun dari kabupaten tetangga. Untuk itu saya mohon para peserta tertib karena nanti kita akan lewati jalan-jalan desa maupun jalan-jalan protokol yang ramai kendaraan,” ungkapnya.

Advertisements

Gowes yang turut diikuti Forkopimda Lamongan tersebut dengan rute dimulai dari halaman Pemkab Lamongan masuk Kelurahan Sukomulyo ke arah RS Fatimah, kemudian lurus menuju kantor PPKB Lamongan ke arah timur lanjut melewati Pasar Sidoharjo, kemudian melewati perempatan Jl.Sunan Drajat ke arah utara dan kembali ke Pemda Lamongan.(Roy)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: