Lamongan, ganasnews- Pemerintah Kabupaten Lamongan terus mendorong agar Program Unggulan Perintis (Pendidikan Berkualitas dan Gratis) agar dapat dinikmati seluruh masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat pemimpin Apel Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2022 yang bertepatan dengan masuk hari pertama pasca libur lebaran 1443 Hijriyah dan cuti bersama tahun 2022 di Halaman Kantor Pemkab Lamongan, Senin (9/5).

Tak hanya Perintis, menurut Bupati Yes masyarakat Lamongan juga harus bisa menikmati fasilitas layanan pendidikan yang lain seperti kejar paket yang disediakan oleh Dinas Pendidikan Lamongan.

“Pada momen Hari Pendidikan Nasional tahun ini, pemkab terus mendorong agar program unggulan Perintis dapat dinikmati seluruh masyarakat. Selain itu kami juga mendorong masyarakat untuk menikmati fasilitas kejar paket agar semakin meningkatkan kemampuan dan semakin terbuka akses kemandirian ekonominya,” terang Bupati Yes.

Advertisements

 

Melalui tema yang diambil pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun ini yakni Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar, Bupati Yes mengajak seluruh elemen masyarakat untuk semakin meneguhkan komitmen dalam menciptakan iklim belajar yang inklusif dan semakin baik di Kabupaten Lamongan.

Baca juga :   Ditemukan Kapal Karam di Lokasi Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Bupati Yes Gerak Cepat

“Kita tahu bahwa sesungguhnya anak-anak Lamongan, generasi muda Lamongan punya kemampuan, keunggulan dan talenta untuk terus kita bina menjadi generasi yang unggul dan berdaya saing,” tuturnya.

Lebih lanjut Buoati Yes menyampaikan, meski dilanda pandemi Covid-19 yang meluluhlantakkan berbagai sendi kehidupan termasuk pendidikan, kini saatnya pemerintah bangkit dan menciptakan iklim pendidikan yang baik supaya generasi muda mendapat akses pendidikan yang semakin mudah.

Advertisements

“Merdeka artinya anak-anak dapat menikmati pendidikan seluas-luasnya. Elemen-elemen pendidikan yakni pemerintah, pihak sekolah termasuk guru dan muridnya, serta masyarakat bisa menciptakan iklim yang baik supaya masyarakat mendapat akses pendidikan yang semakin mudah,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Yes juga mengungkapkan apresiasi kepada seluruh aparatur yang saat cuti lebaran tetap melayani dengan setulus hati kepada masyarakat.

Baca juga :   Lebih Cepat dari Perkiraan, Jembatan Nasional Ngaglik 1 Lamongan Siap Beroperasi Kembali

“Terima kasih kepada ASN yang ada di kecamatan maupun perangkat daerah contohnya Disdukcapil yang masih memberikan pelayanan kepada masyarakat, tenaga kesehatan di puskesmas maupun rumah sakit, petugas Dinas Perhubungan yang bertugas mengatur lalu lintas hingga mudik lebaran tahun ini bisa berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Program Perintis akan menghadirkan beasiswa SD untuk 3.000 siswa, SMP 1.800 siswa, SMA 1.000 siswa, serta beasiswa S1 untuk 1.350 mahasiswa. Bahkan bagi masyarakat yang memiliki prestasi khusus sebagai penghafal Al Qur’an (Tahfidz) akan diberikan kesempatan untuk mengenyam pendidikan hingga S2 kepada para tahfidz sebanyak 80 mahasiswa. Serta fasilitasi kejar paket A, B, dan C kepada 2.112 orang.(Roy)

Advertisements

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: