Lamongan, ganasnews- Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) baik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamongan maupun kecamatan tetap buka selama masa mudik dan libur lebaran 1443 H. Hal ini sesuai perintah Bupati Lamongan Yuhronur Efendi untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan pelayanan saat banyaknya warga Lamongan yang mudik.

“Tahun ini menjadi euforianya para pemudik karena setelah 2 tahun dilarang mudik. Banyaknya pemudik pasti membawa berbagai hal yang ingin diselesaikan termasuk mengantisipasi banyaknya permintaan pelayanan kependudukan. Untuk itu saya perintahkan selama libur lebaran pelayanan adminduk baik di Disdukcapil dan kecamatan siap melayani. Sehingga masyarakat Lamongan terutama bagi para perantau yang mau perekaman KTP, cetak KTP, perbarui KK maupun KIA bisa terlayani,” tutur Bupati usai mengikuti Rakor Eksternal Operasi Ketupat Semeru di Polres Lamongan, Selasa (26/4).

Sementara untuk hal teknisnya, Bupati Yes menyerahkan hal tersebut kepada kepala OPD terkait.

“1 syawal atau saat lebaran tetap libur. Sementara untuk jadwal piket saya serahkan ke pihak OPD dan camat masing-masing. Jikapun sampai ada udzur sehingga petugas piket tidak ada, agar mencantumkan nomor HP on call yang siap dihubungi oleh warga yang membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan,” tutur Bupati Yes.

Baca juga :   Optimis Menang, Percasi Lamongan Kirimkan 12 Atlet Catur Ikuti Pra-Porprov VII Jatim 2022 Di Mojokerto
Advertisements

Tak hanya pelayanan Adminduk, Pemkab Lamongan bersama Polres dan Kodim Lamongan juga terus melakukan sinergi dalam percepatan herd immunity bagi masyarakat Lamongan.

“Nanti di setiap pos pengamanan Polres Lamongan akan ada gerai vaksinasi bagi yang belum melakukan vaksinasi. Saya minta seluruh dinas terkait untuk ikut terlibat terutama dalam penyiapan vaksin di setiap pos-pos pengamanan. Tentu hal ini sebagai bentuk upaya kami dalam memberi keamanan dan kesehatan bagi masyarakat,” tambahnya.

Senada dengan Bupati Yes, keamanan dan kenyamanan pemudik menjadi nomor satu. Untuk itu Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana bersama jajarannya telah membangun pos pengamanan dan pelayanan di empat titik potensial, yakni Alun-alun Lamongan, Terminal Lamongan, WBL dan di Pasar Babat.

Baca juga :   Acara Khotmil Qur'an, KH Zawawi Imron Ajak Seluruh Pemimpin Negeri Rendah Hati Seperti Falsafah Sunan Drajat
Advertisements

“Operasi ini diselenggarakan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat maupun pengguna jalan yang melintas di Kabupaten Lamongan. Sehingga masyarakat atau pemudik yang pulang ke Lamongan merasa aman dan nyaman serta senang. Untuk itu berbagai pos-pos pengamanan kita desain seunik mungkin dan senyaman mungkin,” jelas AKBP Miko.

Selain mendirikan pos pengamanan OPS Ketupat Semeru, Polres Lamongan juga melakukan operasi cipta kondisi di berbagai tempat untuk memberi rasa aman kepada masyarakat Lamongan.

Sementara itu, Dandim 0812 Lamongan, Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf dalam kesempatan tersebut mengaku siap bersinergi dalam pengamanan arus mudik lebaran di kabupaten Lamongan.

“Kami siap bersinergi mudik aman dan sehat. Untuk itu kami telah menyiapkan personil untuk bersama-sama polres Lamongan mengamankan mudik lebaran,” tegasnya.(Roy)

Advertisements

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: