Lamongan, ganasnews- Zakat Fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa laki-laki dan perempuan yang dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan hingga menjelang shalat Idul Fitri. Atas nama Pimpinan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharief Hiariej serahkan zakat fitrah keluarga besar Kemenkumham kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) secara virtual yang diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara Kemenkumham di seluruh Indonesia. Dalam hal ini, Lembaga Pemasyaraktan (Lapas) Kelas IIB Lamongan juga turut serta dalam kegiatan penyerahan zakat yang dilaksanakan secara virtual di gedung serbaguna Lapas Lamongan pada hari ini, Senin (26/4).

Baca juga :   Bupati Yes Tabuh Rebana, Tanda di Mulainya MTQ ke-26 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Lamongan

Wakil Ketua Baznas, Mokhamad Mahdum dalam sambutannya menyampaikan bahwa adapun kewajiban yang perlu dilaksanakan umat islam dalam bulan suci Ramadhan selain puasa yaitu dengan melaksanakan zakat

“Untuk membersihkan diri salah satunya dengan puasa dan untuk membersihkan harta adalah dengan menunaikan zakat dan bersedekah,” tuturnya.

Advertisements

Sementara itu, Edward Omar dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai perwakilan pimpinan mengucapkan beribu terima kasih kepada seluruh jajarannya atas kontribusi yang luar biasa ini.

“Saya atas nama pimpinan kemenkumham ingin mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada jajaran kemenkumham yang telah menunaikan kewajibannya sebagai umat islam yaitu dengan berzakat melalui Baznas,” ucapnya.

Edward yang biasa disapa Prof Eddy juga menyampaikan bahwa dengan melakukan zakat dapat berdampak positif yang besar bagi sosial dan ekonomi

Baca juga :   Babinsa 0812/05 Lakukan Pengamanan Pembagian BPNT di Desa Kembangbahu

“Zakat yang merupakan salah satu kewajiban bagi setiap umat muslim, disisi lain juga memberikan dampak sosial dan ekonomi yang positif dan dapat dirasakan langsung bagi saudara-saudara kita yang kurang beruntung dari segi ekonomi,” terang pimpinan nomor dua dalam Kementerian Hukum dan HAM RI tersebut.

Advertisements

Dengan harapan pelaksanaan zakat fitrah tersebut dapat memperoleh keberkahan, mendatangkan kebaikan dan membersihkan jiwa serta ibadah yang dapat diterima Allah SWT khususnya ibadah di bulan suci Ramadhan.(Idr)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: