Lamongan, ganasnews- Patrol sahur Ramadhan menjadi salah satu tradisi kearifan lokal masyarakat, tak terkecuali di Kabupaten Lamongan. Guna menggairahkan kembali tradisi kesenian musik yang dimainkan khusus di Bulan Ramadhan saat membangunkan orang sahur ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan menyelenggarakan Lomba Patrol Sahur Ramadhan Megilan Tahun 2022.

Siti Rubikah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamongan menyampaikan bahwa Lomba ini kembali digelar setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah peserta cukup antusias, bahkan ada pendaftar dari Luar Kota Lamongan, namun untuk sementara kita batasi peserta khusus dalam Kota Lamongan saja. Tercatat 30 Peserta tampil memperebutkan Piala Bupati Lamongan yang diselenggarakan pada tanggal 22 dan 23 April 2022 bertempat di Panggung Hiburan Event Bazar Ramadhan Megilan di halaman GOR,” ungkapnya.

Baca juga :   Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50, TP PKK Kolaborasi Bersama Dinkes Lamongan Gelar Seminar Kesehatan TBC

Advertisements

“Khusus dalam event tahun ini, sajian ditampilkan dengan ketentuan syarat alat musik harus berupa kentongan, dengan tujuan kita ingin mengembalikan dan melestarikan musik Patrol ini sesuai asal atau karakter aslinya,” tambahnya.

Selain itu, karena masih dalam masa pemulihan Pandemi Covid 19 lomba yang biasanya dilanjutkan dengan pawai keliling, tahun ditiadakan dengan hanya menampilkan perform masing-masing grup di atas panggung selama kurang lebih 5 sampai 7 menit.

Baca juga :   17 Gunungan di Puncak Festival Pesta Buah Edukasi Latukan

Hasil perlombaan tersebut dimenangkan oleh Grup Patrol Andongsari di antaranya dari Kecamatan Karanggeneng sebagai Juara 1, Grup Patrol Sapujagat sebagai Juara 2 dan Juara 3 diraih Grup Patrol Remaja Masjid Deketagung, Kecamatan Sugio. Keseluruhan trophy dan uang Pembinaan diserahkan Langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam penutupan Bazar Lamongan Megilan ini. Beliau menyampaikan harapannya agar di Tahun mendatang event ini dapat kembali digelar dengan lebih meriah dan menarik lagi.(Idr)

Advertisements

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: