Lamongan, Ganasnews- Setelah sebelumnya Bupati Lamongan menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) kepala daerah tahun anggaran 2021 dihadapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lamongan, kini Rabu (30/3) giliran DPRD Lamongan menyampaikan hasil pembahasan pansus sebagai rekomendasi atas LKPJ kepala daerah Kabupaten Lamongan tahun anggaran 2021 dalam Rapat Paripurna DPRD Lamongan.

Didik Biyanto, Juru bicara DPRD Lamongan dari Fraksi Golkar mengungkapkan apresiasinya atas hasil kinerja dan prestasi yang dicapai Bupati Lamongan satu tahun pertamanya menjabat. Dimana capaian pendapatan asli daerah secara keseluruhan melebihi target hingga 126.48 persen.

“Pansus mengapresiasi peningkatan PAD Lamongan yang secara keseluruhan meningkat, yakni mencapai 126.48 persen dari target yang telah ditetapkan pada P-APBD 2021,” ungkap Didik dihadapan Bupati Yes.

Baca juga :   Lolos Seleksi, Sekretaris Desa Balun Terpilih Resmi Di Lantik

Lebih lanjut Didik menyampaikan, meski capaian PAD melebihi target, pihaknya mendorong Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk terus meningkatkan capaian pendapatan yang lainnya. Untuk itu pansus merekomendasikan agar Bupati Yes melakukan evaluasi kinerja OPD yang terkait tiga sektor pendapatan yang dinilai belum memenuhi target dan meminta pemda lebih memaksimalkan kinerja di sektor pajak dan retribusi.

Advertisements

Selain merekomendasikan terkait keuangan daerah, DPRD juga mengapresiasi peningkatan nilai tukar petani yang meningkat menjadi 106,81 persen pada tahun 2021 ini. Dengan meningkatnya nilai tukar ini DPRD merekomendasikan agar Bupati Yes tidak patah semangat dalam memperjuangkan pengadaan pupuk terutama pupuk subsidi bagi petani Lamongan.

Baca juga :   Sikapi Persoalan Nasional, Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa "Cipayung Lamongan" Serbu Gedung DPRD

Dalam hal ini Didik juga mengungkapkan apresiasinya atas capaian target yang dilakukan oleh Inspektorat terutama dalam program penyelenggaraan pengawasan sehingga Kabupaten Lamongan dinobatkan sebagai daerah yang memeproleh capaian Monitoring Center For Preventon (MCP) tertinggi di Jawa Timur.

“Kami harap prestasi ini terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan,” harap Didik

Advertisements

Bupati Yes saat ditemui usai rapat mengungkapkan akan menjadikan rekomendasi DPRD Lamongan atas LKPJ tahun anggaran 2021 sebagai masukan untuk bekerja lebih baik lagi.(Roy)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: