Lamongan, Ganasnews – Turut memeriahkan Peringatan Hari Pers Nasional PWI Jawa Timur, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan menggelar Drama Kolosal yang menceritakan tentang jejak sejarah kejayaan masa Lalu yang berjudul “Nggugah”, Sabtu (26/3).

” Merupakan sebuah pementasan yang dilatarbelakangi harapan Bapak Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi untuk menggugah atau membangkitkan kembali spirit Kejayaan Masa Lalu Lamongan, pada kehidupan bermasyarakat saat ini,” ujar Siti Rubikah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamongan.

Pagelaran Drama Kolosal ini, ditampilkan pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur di Taman Wisata Bahari Lamongan (WBL).

Baca juga :   Disparbud Kabupaten Lamongan Raih Penghargaan Lomba Website OPD Terbaik Peringkat Kedua

“Cerita “Nggugah” diawali dari perjuangan Airlangga di wilayah Lamongan Selatan, lalu menampilkan Sosok Gajah Mada Mahapatih Majapahit yang terlahir di Bukit Cancing Ngimbang,” papar Ahmad Taufiq, Pimpinan Produksi Pagelaran ini.

Advertisements

“Kemudian beranjak pada Masa Kejayaan Islam di wilayah Pantura Lamongan dengan tokohnya Sunan Drajat dan Sunan Sendangdhuwur, serta cerita bagaimana Kabupaten Lamongan pertama kali didirikan oleh Bupati Pertamanya, Tumenggung Surajaya,” lanjutnya.

Pementasan tersebut berlangsung cukup meriah, dikemas dengan rancak melalui perpaduan musik kolosal, teater, tari, wayang, hingga lawakan yang diperankan secara kolaboratif antara komunitas Seniman Muda Kabupaten Lamongan (Sendakala) dan Sanggar Tari Tri Melati yang merupakan binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamongan.

Baca juga :   Pagelaran Drama Kolosal Nggugah Sejarah Lamongan di Puncak HJL ke-453

“Dengan pelaksanaan Pagelaran yang berlangsung di tempat wisata (WBL), kami ingin mewujudkan spirit Program Kerja Bapak Bupati yang tertuang dalam Visi Misi beliau yang mewujudkan pengembangan pariwisata yang terintegrasi,” ungkap Siti Rubikah.

Advertisements

Kami ke depan akan terus berupaya memadukan Pelestarian Seni Tradisi Lamongan dalam setiap event yang tujuannya adalah meningkatkan kunjungan pariwisata di Kabupaten Lamongan,” pungkasnya. (Idr)

By GNews

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: