Lamongan, Ganasnews – Hari Bakti Pemasyarakatan yang dilaksanakan setiap tanggal 27 April, merupakan sebuah refleksi perjalanan Pemasyarakatan dalam menjalankan tugas dan fungsi Pemasyarakatan melalui sebuah Sistem Pemasyarakatan.

Dalam kurun waktu setelah 27 April 1964, sejarah panjang ditorehkan Pemasyarakatan dalam transformasinya dari sebuah sistem kepenjaraan menjadi sistem Pemasyarakatan.

Pada tahun 2022 ini seluruh keluarga besar pemasyarakatan termasuk Lapas Lamongan Kanwil Kemenkumham Jatim akan merayakan Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-58.

Berdasarkan pedoman acara yang tertuang dalam Buku Panduan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 Tahun 2022, Lapas Lamongan menyelenggarakan kegiatan donor darah bekerjasama dengan PMI Lamongan.

Advertisements

Kegiatan yang bersifat sukarela ini diikuti oleh seluruh pegawai Lapas Lamongan yang ingin menyumbangkan atau mendonorkan darahnya, kamis (24/3).

Baca juga :   The full story of Thailand’s extraordinary cave rescue

Kegiatan ini disambut antusias para pegawai Lapas Lamongan yang ingin mendonorkan darahnya, namun meski begitu tetap ada persyaratan khusus bagi pegawai yang ingin menjadi pendonor agar bisa menyumbangkan darahnya.

Untuk itu, sebelum dilakukan pengambilan darah, para petugas PMI akan melakukan screening guna memastikan kelayakan pegawai untuk mendonorkan darahnya.

Advertisements

Bagi yang lolos dari screening dapat mengikuti kegiatan donor darah ini dan yang tidak lolos hasil screeningnya harus bersabar karena tidak dapat mengikuti atau mendonorkan darahnya.

Meskipun kegiatan ini sudah dilakukan secara rutin, namun hanya sebagian saja yang berminat, padahal dapat memberikan dampak yang sangat besar.

Baca juga :   HUT ke-76 Persit Kartika Chandra Kirana, Kodim 0812 Lamongan Gelar Aksi Donor Darah

“Mungkin ini hanya kegiatan sederhana, namun tanpa kita sadari dampaknya dapat menolong orang yang mungkin suatu saat nanti berada diambang kematian dan begitu membutuhkan darah kita,” ungkap Mahrus.

Lapas Lamongan berterima kasih kepada PMI Lamongan karena telah menjalin sinergi yang baik selama ini. Ini bukanlah yang pertama kali Lapas Lamongan menggandeng PMI Lamongan untuk mengadakan kegiatan Donor darah.

Advertisements

Lapas Lamongan berharap kedepannya dapat meneruskan sinergitas yang telah terjalin ini dengan baik. (Idr)

By GNews

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: