Lamongan, Ganasnews- Kodim 0812 Lamongan gelar Program Pembinaan Lingkungan Hidup dengan gerakan penghijauan penanaman pohon Mangrove di sepanjang pantai wilayah pesisir Kabupaten Lamongan. Hal ini dilakukan guna mencegah abrasi dalam melestarikan alam dan menghijaukan lingkungan pantai, rabu (23/3).

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0812/ Lamongan Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf menyampaikan bahwa kegiatan penghijauan ini dalam rangka membantu program pemerintah dengan melaksanakan penanaman ribuan pohon Mangrove serta menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Program penghijauan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk memulihkan kembali keadaan lahan yang sudah tidak produktif.

Lebih lanjut, Dandim 0812 Lamongan mengatakan bahwa Penciptaan lingkungan hidup yang sehat merupakan tanggung jawab semua pihak, untuk itu diperlukan partisipasi dan swadaya masyarakat. Pembangunan lingkungan hidup diarahkan untuk meningkatkan mutu lingkungan melalui pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Baca juga :   HUT ke-76 Persit Kartika Chandra Kirana, Kodim 0812 Lamongan Gelar Aksi Donor Darah

“Dengan datangnya musim penghujan mari kita tetap waspada dan bersinergi guna mengatasi bencal di wilayah Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan,” ujar Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf.

Advertisements

Hal senada diungkapkan Sekdes Sedayulawas Didin, dengan adanya program penanaman pohon bakau/mangrove dapat membantu para petani dalam menahan air rob pada saat air pasang.

“Diharapkan dengan adanya penanaman pohon mangrove bisa membantu para petani untuk lebih meningkatkan penghasilannya,” ungkapnya.

Usai memberi sambutan, Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf beserta tamu undangan dan peserta kegiatan langsung menuju lokasi penghijauan yaitu di pesisir sekitar pantai Sedayulawas Kecamatan Brondong untuk menanam pohon bakau/mangrove sebanyak 1000 bibit.

Baca juga :   Gardu Travo PLN 31 Depan Kantor Kecamatan Sugio Terbakar
Advertisements

Di sela-sela kegiatan tersebut Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf menyampaikan bahwa kegiatan Penghijauan ini merupakan implementasi dari program Pembinaan Lingkungan Hidup Tahun 2022 Kodim 0812/Lamongan, juga merupakan bentuk wujud kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistem yang berada di wilayah Kabupaten Lamongan serta membantu program Pemerintah dalam melaksanakan program penghijauan untuk mengurangi dampak pemanasan global, mencegah abrasi serta kerusakan di sekitar pesisir pantai.(Idr)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: