Lamongan, Ganasnews- Bupati Lamongan Yuhronur Efendi resmi membuka ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-26 tingkat Kabupaten Lamongan tahun 2022. Penabuhan rebana sebagai penanda telah dimulainya MTQ tingkat kabupaten yang akan berlangsung mulai tanggal 22 hingga 23 Maret 2022, selasa (22/3) malam.

Pak Yes, sapaan akrab Bupati Lamongan menyampaikan bahwa kegiatan yang diikuti 558 peserta ini merupakan sarana memelihara dan mempertahankan kualitas para Qori’ Qori’ah kebanggaan Lamongan sehingga kafilah Kabupaten Lamongan dapat mempertahankan gelar juara umum pada tingkat MTQ Jatim selanjutnya.

“Malam ini menjadi penanda telah dimulainya MTQ tingkat Kabupaten Lamongan. Sebagai penyemangat kita, Lamongan tahun lalu menjadi juara umum MTQ tingkat Jatim. Ini tentu sangat membanggakan. Untuk itu mari kita terus pertahankan piala bergilir yang ada di samping kita ini akan tetap menjadi milik khalifah Lamongan,” tutur Pak Yes.

Baca juga :   Raker FKPAI Kemenag Lamongan, Laksanakan 8 Bidang Utama Program Kerja

Advertisements

Selain sebagai pelecut semangat para kafilah dalam mempertahankan gelar juara umum MTQ Jatim, Pak Yes juga berharap ajang MTQ tingkat kabupaten ini sebagai sarana untuk menemukan bibit-bibit unggul baru yang mampu bersaing pada MTQ tingkat provinsi maupun nasional.

“Mari momen ini kita jadikan untuk ikhtiar panjang kita sebagai syiar yang terus kita sinergikan bersama dengan Gerakan Lamongan Menghafal (GLM) serta bersinergi untuk terus mengembangkan syiar khususnya Al Qur’an di bumi Lamongan,” ajaknya.

Hal Senada juga diungkapkan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Lamongan, Moh Nalikan bahwa sebagai penyelenggara kegiatan MTQ tingkat kabupaten, LPTQ memiliki peran dalam pola pembinaan kepada peserta MTQ secara kesinambungan dan berkelanjutan untuk mempertahankan Lamongan menjadi juara umum.

“Kegiatan MTQ ini merupakan wujud dari komitmen pemerintah dalam mensyiarkan Al Qur’an di bumi Lamongan. Jadi sebelum berpartisipasi pada ajang MTQ tingkat provinsi, kabupaten harus lebih dulu melaksanakan MTQ ini untuk menjaring kafilah yang mampu bersaing di provinsi maupun nasional,” ujar Nalikan.

Baca juga :   Giat Berbagi Takjil Satpol PP Lamongan Tahap Kedua
Advertisements

Nalikan mengungkapkan, MTQ ke-26 Kabupaten Lamongan ini diikuti 558 peserta dari 27 kecamatan serta dilaksanakan di 14 venue yang tersebar di seluruh Lamongan.

Sementara untuk cabang yang dilombakan terbagi menjadi 7 cabang dengan 23 golongan. Seperti cabang tilawah Qur’an yang didalamnya terdiri dari delapan golongan salah satunya yakni golongan cacat netra. Kemudian Hifzh Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Syarh Al-Qur’an, Fahm Al-Qur’an, Khath Al-Qur’an, serta Musabaqah Menulis Ilmiah Al-Qur’an.

Tak tanggung-tanggung, bagi peraih medali emas terbanyak, pemerintah akan mengganjarnya dengan hadiah utama berupa paket ibadah umroh ke tanah suci Mekkah.(Roy)

Advertisements

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: