Lamongan, Ganasnews- Kepala Staf Kodim 0812 Lamongan Mayor Arh G.N Putu Ardana menyambut langsung tim penilai dari Korem 082/CPYJ yang di pimpin Mayor Arh Heru Sunyoto (Pasi Komsos Korem 082/CPYJ) bersama dua anggota dari korem untuk melaksanakan penilaian lomba kampung Pancasila yang di selenggarakan Kodim 0812 Lamongan di 4 kecamatan di kabupaten Lamongan yang terdiri dari kelurahan Sidokumpul Kecamatan Lamongan, Desa Mbalun Kecamatan Turi, Desa Kedungpring Kecamatan Kedungpring, Desa Tunggunjagir Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan, Sabtu (19/3).

Tim penilai melakukan penilaian di empat lokasi mulai dari pengecekan pintu masuk, lokasi dalam kampung tersebut, inovasi-inovasi yang ditampilkan, serta kekompakan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Baca juga :   Karya Bhakti TNI Bersama Masyarakat Dalam Membangun Kampung Pancasila

Selaku tim penilaian kampung Pancasila, Mayor Arh Heru Sunyoto menyampaikan, bahwa pemerintah desa harus bersinergi dengan TNI/POLRI untuk menyelesaikan setiap permasalahan di desa. Dengan berpedoman pada butir – butir Pancasila, agar masyarakat bisa hidup damai dan selalu menjaga solidaritas antar warga.

“Penilaian program kampung Pancasila dilakukan dengan melihat aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam bidang sosial, budaya dan ilmiah,”terangnya.

Advertisements

Kampung Pancasila mengingatkan rasa bermusyawarah dalam mengambil keputusan untuk tercapainya rasa toleransi masyarakat, saling menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama dan penganut kepercayaan sehingga terbina kerukunan beragama.

Baca juga :   Pandemi Covid-19 Berkepanjangan, Komunitas Lamongan Peduli Gelar Aksi Sosial

Lebih lanjut tim penilai menyampaikan, dengan adanya lomba Kampung Pancasila, diharapkan bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“Semoga masyarakat khususnya generasi muda, menyadari bahwa pentingnya mengimplementasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, sehingga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme,” pungkasnya.(Idr)

Advertisements

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: