Lamongan, Ganasnews- Dalam acara Khotmil Qur’an pada peringatan Isro’ Mi’roj yang dilaksanakan di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, hadir KH Zawawi Imron memberikan mau’idhoh hasanah. Dalam ceramahnya, beliau mengungkapkan bahwa Lamongan memiliki falsafah yang sangat mashur dan dikenal seluruh belahan dunia tentang falsafah hati yang bersih. Falsafah tinggi tersebut yang dikemukakan Waliyullah Sunan Drajat, Sabtu 12/3).

“Dari Lamongan ada filsafat tinggi sekali dari Sunan Drajat. Falsafat ini ditemukan Menlu Roslan Abdul Ghani, Menlu era Bung Karno di Negara Belanda. Falsafat tersebut berbunyi “dadio siro wong sing iso rumongso, ojo dadi wong seng rumangso iso”, yang artinya Jadilah manusia yang bisa, bukan menjadi manusia yang merasa bisa,” tutur Kyai Zawawi.

Kyai Zawawi mengatakan bahwa manusia yang merasa dirinya tercipta atas izin Allah SWT dan tidak bisa berbuat atas bantuanNya merupakan cerminan ‘iso rumongso’. Melalui falsafah tersebut, Kyai Zawawi juga mengajak seluruh pemimpin di negeri ini untuk menjadi pemimpin yang rendah hati seperti ajaran Sunan Drajat.

Baca juga :   Tanggul Waduk Rancang Jebol, 4 RT Tergenang Air

“Perlunya memimpin dengan sifat rendah hati dan bahasa yang sopan. Jadi memimpin negara, memimpin daerah dengan kerendahan hati, insyaAllah akan menjadi negeri yang makmur dan damai,” ujar Kyai Zawawi.

Advertisements

Pada kesempatan tersebut, Kyai Zawawi mengaku terharu dengan terlaksananya kegiatan Khotmil Quran yang sering dilakukan di Lamongan. Menurutnya kegiatan yang sudah langka ini tetap hidup di bumi Lamongan.

“Itu menandakan bahwa Pak Bupati Lamongan tetap rendah hati dalam mengelola daerahnya,” ungkapnya.

Bupati Yes dalam sambutannya mengajak Jam’iyah Huffazh Al Quran Wal Qiro’ah (HQQ) Lamongan selaku penyelenggara dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk semakin semangat menghafal Al Qur’an.

Advertisements

Bupati Yes berharap dengan berbagai program seperti khotmil qur’an serta kajian qiraat sab’ah tersebut dapat menarik minat masyarakat untuk semakin perhatian dan mencintai qur’an.

Baca juga :   Pemkab Lamongan Hadirkan Pasar Sembako Murah Dalam Safari Ramadhan 1443 H

“HQQ ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk terus menghafal, untuk terus membaca, sehingga dengan cahaya Quran, kehidupan kita semakin baik, semakin disinari Al Quran,” ujar Bupati Yes.

Dalam moment tersebut, Bupati Yes juga memberi dorongan dan motivasi kepada seluruh anggota jam’iyyah agar tetap semangat untuk menjalankan kegiatan positif dan mengembangkan HQQ supaya lebih dikenal masyarakat Kabupaten Lamongan.

Acara yang digelar secara live streaming di platform YouTube tersebut turut dihadiri Ketua HQQ Slamet Makruf, Sekda Moh Nalikan, kepala OPDT terkait serta diikuti secara daring seluruh masjid OPD dan masjid/musholla di Kabupaten Lamongan.(Roy)

Advertisements

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: