Lamongan, Ganasnews- 46 Narapidana baru dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Surabaya diterima Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lamongan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur. Hal ini Sebagai upaya sinergitas antar Unit Pelaksana Teknis (UPT) di wilayah Jawa Timur, kamis (10/3)

Terkait hal ini, Plt. Kepala Lapas Lamongan, Mahrus menyampaikan bahwa Lapas Lamongan untuk kesekian kalinya menerima Narapidana baru.

“Kita saat ini dapat melihat, baik Lapas maupun Rutan di seluruh Indonesia mengalami overkapasitas dan salah satu cara untuk mengurangi overkapasitas tersebut yaitu dengan melakukan pemindahan Narapidana ke Lapas lain,”ungkapnya.

Baca juga :   Dishub Bersama Bupati Lamongan Lepas Keberangkatan Pemudik Balik Gratis 2022

Advertisements

Mahrus menambahkan dengan adanya kegiatan ini pembinaan terhadap narapidana baru tersebut lebih maksimal

“Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk mengurangi overkapasitas sehingga dapat mengurangi terjadinya gangguan kamtib di Rutan Surabaya dan untuk memberikan pembinaan lebih lanjut terhadap warga binaan baru tersebut di Lapas Lamongan,”jelasnya.

Baca juga :   Sekjen Kementerian Hukum dan HAM Ajak Jajarannya Membangun Citra Positif dan Kemitraan Terhadap Masyarakat

Penerimaan narapidana baru tentunya tidak lepas dengan tetap melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Salah satunya dengan pemeriksaan badan dan barang, pemeriksaan kesehatan, pemeriksanan barang serta dokumen.

Meski Lapas Lamongan juga tergolong over kapasitas, namun tidak menyurutkan semangat dalam memberikan pelayanan kepada Warga Binaan dengan merata tanpa membedakan satu dengan yang lainnya.(Idr)

Advertisements

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: