Lamongan, Ganasnews– Kegiatan penghijauan berupa penanaman ratusan pohon Mangrove di pesisir pantai Desa Sedayulawas Kecamatan brondong Kabupaten Lamongan diselenggarakan Dandim 0812/Lamongan Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf bersama Forkopimda, jumat (4/3).

Kegiatan penanaman tersebut merupakan program dari Kodam V/Brawijaya yang dicanangkan Pangdam V/Brawijaya untuk mendukung pelestarian lingkungan hidup di tengah Pandemi Covid-19, melalui rehabilitasi hutan Mangrove.

Melalui Vikon Pangdam V/Brawijaya menyampaikan sambutan serta salam kepada para peserta vicon usai kegiatan penanaman Mangrov yang dilakukan secara serentak di seluruh Provinsi Jawa Timur. Menurutnya, daratan di pesisir lautan sudah mulai terancam oleh karena itu kita perlu menjaga, memelihara dan merawat dengan cara menanam Mangrove sehingga dapat mengurangi abrasi dari laut

Penanaman mangrove banyak memiliki fungsi diantaranya dapat menjadi tumbuh kembang biak biota laut. Kegiatan tersebut merupakan upaya membantu program pemerintah pusat untuk memelihara dan menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga :   Terima SK Bupati, 420 CPNS dan PPPK Memiliki Tanggungjawab Moral
Advertisements

“Dalam kegiatan ini saya juga mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan dengan selalu menerapkan protokol Kesehatan karena saat ini masih masa pandemi Covid 19,”pesannya.

Di sela kegiatan tersebut Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf menyampaikan bahwa dalam mendukung program tersebut, kodim 0812 Lamongan melaksanakan kegiatan Penanaman Mangrove di pesisir pantai Desa Sedayulawas Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan, lokasi ini sebelumnya sudah pernah ada kegiatan penanaman Magrove bentuk antisipasi dalam mengurangi abrasi, di wilayah Kabupaten Lamongan.

Lebih lanjut Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf menjelaskan bahwa saat ini upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air serta reboisasi dan penghijauan sudah tidak dapat ditunda lagi, bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global yang serius, salah satunya ialah abrasi yang dapat menyebabkan penyempitan garis pantai.

Advertisements

Dalam hal ini, demi menyelamatkan lingkungan di daerah pesisir pantai, Pemerintah Kabupaten Lamongan siap mendukung program rehabilitasi hutan mangrove yang saat ini sedang gencar-gencarnya di laksanakan oleh TNI AD khususnya di Wilayah Kodim 0812/Lamongan, untuk itu Pemerintah Kabupaten Lamongan akan ikut serta mendukung program ini.

Baca juga :   Pembekalan Bela Negara Wujud Sinerginitas Kodim 0812 Bersama FKBN Bakorda Lamongan, Upaya Tegakkan Pilar-Pilar Kebangsaan

Pada kesempatan tersebut Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf juga meminta kepada masyarakat Kabupaten Lamongan di masa Pandemi covid-19 ini yang sangat berdampak pada sektor perekonomian nasional agar bersama-sama bersinergi untuk melestarikan tanaman mangrove.

“dan peliharalah sebaik mungkin sebagai bentuk rasa peduli kita kepada lingkungan. Pemerintah Kabupaten Lamongan akan membuka peluang investasi wisata hutan mangrove dan terus menggali potensi-potensi yang ada di pesisir pantai, yang diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional khususnya ke wilayah Kabupaten Lamongan tercinta ini,”pungkasnya.(Idr)

Advertisements

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: