Lamongan, Ganasnews- Peran penting hutan mangrove bagi lingkungan, diantaranya sebagai pengendali abrasi akibat gelombang laut, sebagai pemecah gelombang air laut serta tempat hidupnya biota laut. Untuk itu seluruh elemen masyarakat Kabupaten Lamongan terus menggalakkan gerakan menjaga pesisir pantai.

Kehadiran Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Dandim 0812 Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf memimpin langsung gerakan tanam pohon mangrove di Kawasan Pesisir Desa Sedayulawas Kecamatan Brondong, Jumat (4/3).

Gerakan penanaman pohon mangrove tersebut juga dilakukan secara serentak di 17 Kabupaten di wilayah Kodam V/Brawijaya termasuk di pesisir pantai Lamongan.

Bupati Yes menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon mangrove yang diprakarsai Kodim 0812 Lamongan ini tak lain sebagai upaya menjaga pesisir Lamongan dari berbagai ancaman alam.

Advertisements

“Kegiatan penanaman pohon mangrove tentu untuk keselamatan wilayah pantai dan keseimbangan ekosistem biota laut kita. Semua ini tentu sebagai upaya menjaga wilayah pantai yang telah dianugerahkan kepada kita sepanjang 47 Km ini,” terang Bupati Yes.

Baca juga :   Hadir Dalam Wisuda XL Universitas Muhammadiyah Gresik, Bupati Yes Tekankan Generasi Muda Miliki Agile Mindset

Dengan kemanfaatan yang luar biasa ini, Pemerintah Kabupaten Lamongan berkomitmen akan terus bersinergi bersama seluruh elemen masyarakat akan terus melakukan konservasi laut.

“Kita tahu bahwa hutan mangrove ini memiliki fungsi penahan arus air laut yang mengikis daratan pantai. Sebagai penyerap karbon dioksida dan tempat kembangbiaknya biota laut untuk kelangsungan nelayan kita. Dengan rusaknya hutan mangrove mengakibatkan hilangnya fungsi-fungsi tersebut. Untuk itu, kegiatan ini terus kita lakukan secara continue untuk memperbaiki ekosistem dan konservasi laut,” tambahnya.

Advertisements

Sebagai informasi di Kabupaten Lamongan saat ini terdapat 125 hektar luasan tanam pohon mangrove yang terbagi di dua wilayah kecamatan, yakni Paciran dan Brondong. Penanaman 1000 pohon mangrove melibatkan seluruh elemen masyarakat desa, perguruan silat, organisasi kepemudaan, hingga Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI).

Baca juga :   Kunjungan ke Lamongan, Gubernur Jatim Tinjau Pengobatan Wabah PMK pada Hewan Ternak

Dalam hal ini Bupati Yes mengucapkan terima kasih atas gerak cepat semua elemen masyarakat yang turut berpartisipasi dalam upaya jogo pesisir Lamongan.

Usai kegiatan menanam pohon mangrove tersebut, Bupati Yes bersama Dandim Endi Siswanto melakukan video conference bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto.

Dalam kesempatan tersebut Mayjen Nurchahyanto berpesan agar seluruh masyarakat turut menjaga dan melestarikan konservasi ini. Sehingga memberi dampak positif bagi kelangsungan hidup generasi Lamongan yang akan datang.(Idr)

Advertisements

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: