Lamongan, Ganasnews- Tak sedikit kita jumpai perokok aktif diberbagai tempat, tak peduli tua ataupun muda. Pada dasarnya merokok dilarang, pasalnya mengganggu kesehatan diri sendiri juga berdampak pada orang di sekitar. Selain asapnya yang mengganggu, merokok juga menimbulkan sampah, diantaranya bungkus dan puntung rokoknya sendiri. kamis (3/3).

Begitu juga yang terjadi di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lamongan Kanwil Kemenkumham Jatim, khususnya tingkat kesadaran Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam membuang puntung rokok pada tempatnya.

Melihat banyaknya puntung rokok yang dibuang sembarangan WBP di Lapas Lamongan, untuk itu Plt. Kalapas Lamongan Mahrus beserta jajaran melakukan inovasi berupa pembuatan sekaligus pemasangan asbak dan banner larangan membuang puntung rokok sembarangan di sudut-sudut blok hunian.

Baca juga :   Lapas Lamongan Serahkan Remisi Khusus Hari Raya Waisak 2022 kepada Satu Narapidana

Advertisements

Menurut Mahrus sekecil apapun sampah termasuk puntung rokok dapat merusak lingkungan dan mengganggu keindahan.

“Puntung rokok kelihatan sepele dan bentuknya kecil, namun jika dilakukan setiap waktu pasti akan menumpuk,”ujar Mahrus.

Plt. Kalapas Lamongan yang sekaligus menjabat Kabid Kegiatan Kerja Lapas Malang tersebut gencar dan rutin untuk mengingatkan jajaran akan pentingnya kebersihan. Sebuah inovasi untuk membuat asbak pun timbul dan direspon baik oleh Warga Binaan, bahkan mereka siap untuk membuat sendiri asbak-asbak itu.

“asbak ini buatan mereka sendiri, dari mereka dan untuk mereka agar tidak ada lagi alasan untuk membuang puntung rokok sembarangan,” tutur pria asal Kendal tersebut.

Baca juga :   Jelang Bulan Ramadhan, Petugas Lapas Lamongan Gotong-royong Bersihkan Masjid
Advertisements

Kreativitas para WBP dibengkel kerja, mengolah kaleng bekas cat yang terbuang menjadi barang berguna berupa asbak. Hal ini dilakukan sebagai upaya melatih kreativitas dan kemampuan WBP merubah sampah menjadi barang berdaya dan tepat guna.

Dengan adanya pemasangan asbak dan banner larangan membuang puntung rokok sembarangan ini diharapkan dapat membuat WBP sadar untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.(Idr)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: