Lamongan, Ganasnews- Kunjungan Ketua DPR RI, Puan Maharani ke Lamongan disambut curahan hati masyarakat dengan berbagai permasalahannya, Rabu (2/3).

Tiba di lokasi kunjungan pertama yaitu Pasar Ikan Lamongan Puan dengan didampingi Bupati Yes menyapa warga pasar sekaligus menyerahkan bantuan secara simbolis 250 tiang PJU tenaga surya kepada nelayan dan warga juga bantuan ambulan kepada Paguyupan Pedagang Pasar Ikan Lamongan serta mendengarkan aspirasi mereka.

“pertama masalah pupuk, kedua banjir, ketiga atap dibenerin, saya ini datang kesini untuk menyerap aspirasi, jangan nanya dulu, boleh menyampaikan, nanti aspirasinya itu insyaaAllah saya bawa ke Jakarta, jangan marah sek, saya utamakan ada solusi, saya gak janji tapi insyaaAllah saya cari solusi,” ujar Puan setelah mendengar keluhan warga pasar.

Sesaat sebelum Puan meninggalkan lokasi Pasar Ikan, warga pasar membentangkan spanduk yang bertuliskan “Mbak Puan Kembalikan Alokasi Pupuk Bersubsidi Untuk Petambak.”

Advertisements

Setelah menyempatkan diri mendatangi kantor DPC PDI untuk mengikuti acara konsolidasi, Puan melanjutkan kunjungannya ke SDN Sidomulyo 1 di Dusun Meluke Desa Sidomulyo Kecamatan Deket untuk melihat kondisi sekolah yang tergenang banjir dan menyapa siswa-siswi yang masih masuk sekolah untuk memberikan buku dan tas serta mengabadikan moment tersebut dengan berfoto bersama siswa-siswi sekolah dasar tersebut.

Baca juga :   Persoalan Banjir Bengawan Jero, Emil Dardak Memberi Jawaban Penanganan Jangka Pendek

Kemudian Puan bertolak menuju Balai Desa Soko Kecamatan Glagah, didampingi camat Glagah, Puan menyapa warga terdampak banjir dan berdialog langsung dengan kades-kades perwakilan beberapa desa dari 6 kecamatan yang terdampak banjir

“untuk mencari solusi yang ada disini genangan air, terendam banjir gak bisa untuk solusi jangka pendek, ketua DPRD Jawa Timur Bapak Kusnadi untuk bertanggung jawab menyelesaikan solusi jangka panjangnya. Tadi Dam nya akan diperbaiki oleh propinsi, kemudian akan dicari pompa penyedot air, setelah itu dengan normalisasi sungai, pompanisasi dan pintu air, ini tanggungjawab dari pemda yang akan saya tugaskan kepada DPRD propinsi, jadi ini gotong royong dari kita semua supaya tahun ini selesai dan semoga tahun depan gak ada genangan air lagi,”tuturnya.

Advertisements

“untuk jangka pendek kita akan lakukan penimbunan sementara,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Puan menyaksikan bantuan PDIP secara simbolis berupa pengurukan jalan dari batu pedel diturunkan dari dump truk di halaman balai desa Soko yang tergenang banjir.

“jadi saya mohon dengan adanya kehadiran ibu nanti bisa menangani masalah banjir di Kabupaten Lamongan jadi saya rasa di sluis candi itu agar diadakan saluran tersendiri baik pembuangan ke BBWS maupun ke wilayah bengawan Jero saat musim kemarau juga wilayah Bengawan Jero masih kekurangan air bisa teratasi saat musim hujan air juga bisa keluar dari wilayah Bengawan Jero,”ungkap kades Bambang Kecamatan Turi.

Baca juga :   Wagub Jatim Emil Dardak Hadiri Seminar Nasional HPN Di Lamongan

Pada kesempatan yang sama, Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah yang turut dalam rombongan Puan Maharani memberikan penjelasan terkait anggaran untuk penanganan banjir di Kabupaten Lamongan.

Advertisements

“atas ijin ibu Puan ketua DPR RI, kami diminta menjelaskan dari sisi anggaran, program pokoknya kami sudah tahu, masalahnya kami sudah tahu, jangankan kabupaten, saya pastikan propinsi pun sudah tentu tidak akan mampu, karena memang Bengawan Jero itu tanggungjawab nasional,”ujarnya.

Dalam hal ini Said mengatakan kalau ini memang tanggung jawab nasional dan mengikuti perintah mbak Puan, tanggungjawab yang diberikan kepadanya untuk menganggarkan akan ia laksanakan.

“akan kami laksanakan insyaaAllah dan kami minta kepada bapak Bupati segera buat proposal sampai bulan mei 2022 ini,”tuturnya.(Idr)

Advertisements

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: