Lamongan, GNews- Upaya percepatan penanganan banjir di Kabupaten Lamongan terus dimaksimalkan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, bersama jajarannya Bupati Yes melakukan Sidak penataan kontruksi bangunan Dam Margoanyar di Kecamatan Glagah, Rabu (23/2).

Melalui penataan konstruksi tersebut, diharapkan dapat memperlancar arus pembuangan air ke Kali Corong menuju Dam Tambakombo dan berakhir ke Laut.
Tak hanya melakukan penataan konstruksi bangunan Dam Margoanyar saja, Pemkab Lamongan juga akan memanfaatkan Bengawan Mati untuk pengendalian banjir sekaligus irigasi bagi masyarakat saat kemarau tiba.

“Senang sekali saya bisa hadir disini duduk bersama dengan masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan seadil-adilnya dan sebaik-baiknya. Sehingga banjir di bengawan jero teratasi, sekaligus mengatasi kekeringan air saat musim kemarau. Sudetan ini juga beberapa kali sudah didiskusikan agar segera dilakukan,” ucap Bupati Yes.

Baca juga :   Sukses Percepatan PTSL dan DDL Terbanyak se-Indonesia, Bupati Yes Lamongan Peroleh Penghargaan Menteri ATR/BPN

Bupati Yes mengakui bahwa berbagai upaya telah dilakukan, seperti memaksimalkan kapasitas pompa yang ada, konsolidasi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Pemkab Gresik dalam memperlancar saluran pembuangan sampai dengan Dam Tambak Ombo.

Advertisements

“Berbagai konsolidasi sudah saya lakukan, mulai dari pertemuan dengan Bupati Gresik terkait pendangkalan di tambak ombo, saya juga bertemu dengan Bupati Bojonegoro membicarakan permasalahan banjir di Babat. Saya juga mengawal terus apa yang menjadi tanggung jawab provinsi, sebagai percepatan penangaan banjir provinsi akan menormalisasi 3 rawa sekaligus pada tahun ini, rawa semando, cungkup dan sekaran yang diharapkan bisa menjadi resapan air,” ungkapnya.

Baca juga :   Silahturrahim, Bupati Yes : PDAM Bagian Penting Dalam Visi Jangka Panjang Lamongan

Terkait irigasi, sesuai aspirasi masyarakat aliran sungai Bengawan Jero, Pemkab Lamongan juga telah melakukan skema alternatif pengambilan air baku bagi Kecamatan Glagah dari Sluis Gawerejo.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: