Lamongan, GNews- Kodim 0812 Lamongan bersama Forum Kader Bela Negara (FKBN) Bakorda Lamongan menggelar acara seminar Pembekalan Bela Negara sebagai wujud cinta tanah air di Aula Kadet Suwoko Makodim 0812 Lamongan, Rabu (9/2).

Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta lagu Bagimu Negeri, acara seminar yang bertema “Pentingnya Kesadaran Bela Negara, Hak dan Kewajiban warga Setiap negara” tersebut berlangsung dengan khidmat.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua FKBN Bakorda Lamongan M. Hatta Yahya serta perwakilan Kodim 0812 Lamongan, Kapten Arm. Yusniadi (Pasiter Dim 0812) yang sekaligus mengisi acara sebagai pemateri seminar Pembekalan Bela Negara.

Dilaksanakannya kegiatan Pembekalan Bela Negara tersebut sebagai wujud rasa keprihatinan terhadap sejumlah persoalan yang muncul beberapa waktu belakangan ini. Persoalan tersebut jelas tidak mencerminkan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan. Pasalnya saat ini ada sekelompok masyarakat yang dengan mudahnya memposting hasutan di media sosial, mencaci maki kelompok masyarakat lain, radikalisme, memecah persatuan dengan isu SARA, dan sejumlah tindakan lainnya yang semakin mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini disampaikan bahwa kalau masyarakat kita memahami, menghayati dan melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan, maka bangsa Indonesia akan hidup damai dan tentram.

Baca juga :   Dandim 0812/Lamongan Pimpin Rapat Koordinasi Gelar Liga Santri 2022 Piala Kasad
Advertisements

Dalam sambutannya, M. Hatta Yahya mengungkapkan rasa terimakasihnya atas dukungan diselenggarakannya kegiatan tersebut.

“Terima kasih banyak atas segala dukungan dan bantuan untuk memfasilitasi kegiatan Pembekalan Bela Negara, dengan narasumber langsung oleh pihak Kodim 0812 Lamongan. Serta kehadiran kader-kader dan peserta dalam membantu suksesnya kegiatan seminar bela negara ini. Semoga ini menjadi tonggak awal kita dalam meningkatkan nilai patriotisme,” ucapnya.

Baca juga :   Tiga Belas Tersangka Pengedar Narkoba Diamankan Polres Lamongan

Hatta menyampaikan bahwa akhir-akhir ini telah banyak warga negara, terutama generasi muda yang rendah kesadaran akan pentingnya bela negara. Hal ini membuat lunturnya nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme dalam jiwa.

Advertisements

“Sudah jelas, seperti yang diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 23 Ayat 3, serta UUD 1945 Pasal 30 Ayat 1, bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Dan inilah yang akan kita aplikasikan kepada warga negara khususnya kaum milenial untuk kembali menumbuhkan rasa nasionalis dan patriotisme untuk bela negara,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: