Lamongan, GNews- Sukses dalam pelaksanaan PTSL, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berhasil memperoleh Penghargaan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional atas dukungan dan hibah sarana penunjang PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Kabupaten Lamongan tahun 2021. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kakanwil BPN (Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional) Jawa Timur, Johanar di Pendopo Lokatantra Lamongan, Rabu (2/2).

Keberhasilan tersebut mengantarkan Lamongan menjadi Kabupaten dengan total sertifikat terukur paling banyak di Jawa Timur dan nomor 2 se-Indonesia dengan jumlah 118.305 bidang ini, merupakan kesuksesan yang luar biasa. Selain itu, Lamongan juga menjadi kabupaten dengan DDL (Deklarasi Desa Lengkap) terbanyak se-Indonesia.

Baca juga :   Srikandi Askab Lamongan Tanding Lawan Askab Surabaya, Bupati Yes : Pulanglah membawa kemenangan !

Menurut Kakanwil BPN Jatim Johanar, menjadikan DDL terbanyak merupakan suatu persoalan yang tidak mudah. Dengan adanya DDL maka diungkapkan Johanar sudah tidak ada ketumpang-tindihan antar bidang tanah dalam suatu desa.

“DDL terbanyak itu tidak mudah, jadi atas bantuan bapak/ibu semuanya akhirnya Lamongan nomor 1 se-Indonesia. Saya mohon kepada Pak Bupati agar DDL di Lamongan ini nanti berbasis bidang. Nanti kalau DDL berbasis bidang, ini adalah sudah sempurna,” ucapnya.

Baca juga :   Puncak Peringatan HPN Jatim 2022, Bupati Yes Perkenalkan Budaya 'Lamongan Megilan' dan Sektor Pariwisata
Advertisements

Johanar juga menyampaikan BPN Jatim telah mengajukan agar desa yang sudah deklarasi di Jawa Timur untuk memiliki hukum yang berbeda dari desa lainnya, yakni berhukum positif. Dengan demikian, tanah yang telah bersertifikat sudah memiliki hukum yang kuat dan tidak bisa diganggu gugat.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: