LAMONGAN, GNews.com- Para Intelektual Muda Lamongan yang tergabung dalam Himpunan Kader Intelektual Muda Muhammadiyah secara tajam membedah visi Moderasi Beragama, sosial dan politik di tahun 2022 dalam sebuah Dialog Moderasi yang diselenggarakan di Vienna Cafee Paciran Lamongan, kamis (30/12).

Dialog Moderasi ini diikuti oleh seluruh anggota Himka IMM dan di hadiri oleh narasumber-narasumber dari lintas generasi dan lintas intelektual diantaranya Hasan Asyahari selaku politisi Perindo, Ali Madekan selaku akademisi UNISLA Lamongan , Ali Zulfikar selaku wartawan, Dedi Kurniawan Selaku PP IPM, Anas Mahruf selaku ketua pemuda Paciran, Fahkri Taqiuddin Selaku Aktivis IMM Surabaya, Afnan Nafi’ selaku Ketua Umum PK IMM ABU HANIFAH, Febri Selaku Ketua Umum PK IMM STAIM, Aldi Selaku Ketua Umum PK IMM STIT.

Baca juga :   Bupati Yes Berangkatkan Pemudik Lamongan Balik Bareng Gratis ke Jakarta

Suatu istilah Rent Seeking atau Pemburu Rente dikemukakan dalam forum tersebut sehingga pembahasan semakin hangat dan menarik. Menurut para Intelektual Muda Lamongan, Rent Seeking adalah sebuah akibat dari penyimpangan praktek pengalokasian politik anggaran , istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Gordon Tullock pada 1967. Istilah tersebut kemudian dipopulerkan oleh Anne Krueger pada Juni 1974 dalam sebuah tulisan yang dimuat di American Economic Review Volume 64 berjudul “The Political Economy of the Rent-Seeking Society”.

Baca juga :   Karya Bhakti TNI Bersama Masyarakat Dalam Membangun Kampung Pancasila

Dalam hal ini para Intelektual Muda Lamongan menilai Rent seeking akan menjadi Benalu atau parasit yang sangat mengganggu perjalanan moderasi politik lurus dan Pro Rakyat karena apabila negeri ini dipenuhi dengan calo-calo anggaran negara maka akan berpengaruh buruk pada realisasi anggaran dilapangan karena rawan disunat atau Mark UP. Pada akhirnya masyarakat yang akan dirugikan karena kualitas sarana publik yang dibangun akan sangat jauh dari standar yang diharapkan.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: