LAMONGAN, GNews.com- Berbagai Penghargaan yang secara berturut-turut di terima pemkab Lamongan, baik dalam ranah regional maupun nasional, mengantarkan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi sebagai 1 dari 10 bupati/walikota se-Indonesia yang menerima penghargaan AK-PWI (Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia) pada Hari Pers Nasional tahun 2022, Rabu (15/12) lalu.

Setelah melalui berbagai proses penilaian, mulai dengan seleksi administrasi, penjurian berkas proposal dan video, hingga presentasi dan tanya jawab dengan 10 nomine, AK-PWI ini ditetapkan.

Kabupaten Lamongan dengan bermacam terobosan budaya berupaya merekonstruksi kejayaan dengan penemuan berbagai situs, memunculkan kembali budaya lama yang hampir tergerus, dan menjaga warisan budaya baik di masa Hindu-Budha, peradaban Islam, bahkan masa kolonial ini menjadi poin penting. Hal ini juga menjadi bukti bahwa Lamongan sangat menyadari pentingnya membangun daerah dengan berbasiskan budaya, dengan menjaga keselarasan pada berbagai bidang khususnya IPTEK dan gaya kepemimpinan kepala daerah yang melayani.

Baca juga :   Himka IMM : Moderasi Agama Jangan Jadikan Alat Berisi Islamophobia Dan Kampanye Kekerasan

“Kabupaten Lamongan secara sejarah memiliki jejak kejayaan. Sebagai pusat peradaban Raja Airlangga; dilihat dari penyebaran Islam di Pantai Utara oleh Sunan Drajat, Sunan Sendang Dhuwur, dan Joko Tingkir; peninggalan Gapura Paduraksa Bersayap yang biasa disebut sebagai pintu menuju kejayaan; juga menjadi tempat peradaban ekonomi masa Kolonial Belanda yang dibuktikan dengan adanya pembangunan Waduk Prijetan dan penemuan Kapal Van Der Wijck. Jejak ini akan kami rekontruksi kembali untuk mencapai kejayaan Lamongan yang berkeadilan,” papar Bupati Yes.

Baca juga :   Gerakan Tanam Bambu, Upaya Pemkab Lamongan Mencegah Bencana Angin
Advertisements

Selang sehari setelah menerima penghargaan AK-PWI, Bupati Yes kembali menerima Anugerah Wartamerdeka.info Award sebagai bupati yang kaya akan inovasi digital dan pengembangan UMKM, pada peringatan HUT Ke-15 Wartamerdeka.info tahun 2021, Kamis (16/12).

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: