LAMONGAN, GNews.com– Peringatan HUT PMI ke-76 tahun, PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Lamongan memperkenalkan beberapa mesin baru yang difungsikan untuk meningkatkan kualitas darah, yang tentunya hal ini akan memberikan dampak lebih besar pada pelayanan yang lebih baik. Hal ini sesuai misi peningkatan pelayanan masyarakat yang terus digelorakan Bupati Yes, Jum’at (10/12).

PMI Lamongan telah memiliki empat jenis mesin baru, empat mesin ini diantaranya Refrigerated Centrifuge, Separator, Plasma Freezer, dan Electric Sealer.

Baca juga :   Percepatan Penanganan Banjir, Bupati Yes Sidak Penataan Kontruksi Bangunan Dam Margoanyar

Dalam hal ini mesin Refrigerated Centrifuge merupakan alat pemutar berpendingin memiliki fungsi untuk mengendapkan komponen sel darah dengan plasma darah. Mesin Separator berfungsi sebagai pemisah darah komponen secara otomatis. Plasma freezer berfungsi dalam pembekuan plasma, yang jika disimpan pada suhu -30oC akan dapat bertahan hingga 1 tahun. Selanjutnya mesin Electric Sealer yang memiliki fungsi mengklem selang kantong darah secara permanen.

 

Agus Suyanto, Ketua PMI Lamongan menjelaskan, adanya mesin baru tersebut produk darah yang dihasilkan lebih banyak dan bervariasi. Begitu juga kualitas darah yang dihasilkan pun lebih baik.

Baca juga :   Masyarakat Antusias Kunjungi Bazar Matahari Departemen Store dan Chatime di Mall Plaza Lamongan
Advertisements

“Dengan mesin-mesin ini darah yang dihasilkan akan lebih bagus, menggunakan sistem tertutup sehingga sterilisasi komponen darah dari kontaminasi mikroorganisme lebih terjaga. yang dulunya hanya memproduksi sel darah merah dan kalau butuh plasma harus ke Surabaya, sekarang kita sudah punya, bervariasi menyesuaikan kebutuhan rumah sakit,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: