Lamongan, ganasnews.com – ITS kembali meluncurkan produk teknologi bertenaga listrik, kali ini berupa traktor tangan untuk membantu para petani dalam mengolah lahan.

Traktor tangan itu memakai baterai lithium-ion sebagai sumber energi dan motor listrik yang terhubung dengan transmisi rantai sebagai penggerak.

Dengan tenaga penggerak listrik, biaya konsumsi energi yang dikeluarkan menjadi lebih hemat bila dibandingkan bahan bakar solar.

Traktor tangan bertenaga listrik tersebut merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat oleh dosen dan mahasiswa ITS ke kelompok petani dan pemuda di Desa Wanar, Lamongan.

Baca juga :   Kaya Terobosan Budaya Dan Inovasi Digital, Bupati Lamongan Terima 2 Penghargaan
Advertisements

Kegiatan pengabdian masyarakat berbasis produk teknologi tepat guna ini dilakukan sejak pertengahan tahun hingga bulan Nopember 2021.

Tim dari ITS dan petani desa Wanar melakukan uji coba traktor tangan listrik
Tim dari ITS dan petani desa Wanar melakukan uji coba traktor tangan listrik

Dalam kegiatan tersebut, dosen dan mahasiswa ITS melakukan proses perancangan, simulasi, fabrikasi, hingga pengujian di lahan pertanian bersama dengan para petani.

Dalam acara edukasi dan serah terima produk, tim dosen ITS yang diwakili oleh Bapak Is Bunyamin Suryo menyampaikan bahwa teknologi bertenaga listrik akan menjadi keniscayaan di masa depan.

Baca juga :   Tour Wisata Edukasi, Upaya Pemkab Lamongan Kenalkan Sejarah Sejak Dini

Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban dari ITS untuk turut memberikan edukasi dan pengenalan kepada masyarakat, diantaranya kepada kelompok petani dan pemuda di Desa Wanar, Lamongan.

Advertisements

By GNews

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: