LAMONGAN, Ganasnews.com – Ide kreatif muncul dari seorang Purnomo (34) pemuda asal Desa Kaligerman Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan dalam menciptakan bonsai kelapa (Bonkla) karakter yang kini menjadi sumber ekonomi kreatif penghasilannya.

Berawal dari hobby dan kecintaannya pada tanaman, Purnomo yang sempat melihat kerajinan bonsai kelapa yang bagus-bagus di media sosial terbesit di pikirannya untuk mencoba membuat bonsai kelapa sendiri dengan membeli bahan-bahan kelapa di pasar terdekatnya.

“Jadi termotivasi ingin punya Galeri Bonsai Kelapa yang dipajang dengan berbagai macam karakter,” ujarnya kepada awak media ganasnews.com, (16/11).

Baca juga :   Panen Perdana Bawang Merah, Kades Manyar Sukses Berinovasi

“Saya mulai membuat bonsai kelapa sekitar awal bulan Desember 2020, jadi sudah hampir setahun menekuni kerajinan ini,” lanjutnya.

Advertisements

Purnomo mengatakan bahwa Bonsai Kelapanya cukup diminati dan pelanggannya kebanyakan dari ibu-ibu yang menyukai tanaman.

“Ada beberapa diantaranya bekerja di luar negeri, seperti Singapura dan hongkong, mereka memesan Bonsai kelapa untuk hadiah ulang tahun teman atau keluarganya dan juga dibeli beberapa kantor instansi pemerintahan,” katanya.

Purnomo mengungkapkan, untuk saat ini penjualan tidak bisa dipastikan, terkadang setiap bulannya bisa menjual 5 – 6 Bonsai Kelapa dan kadang juga bisa lebih, semua tergantung pesanan dan permintaan pembeli mulai dari yang seharga 150 ribu sampai 500 ribu.

Baca juga :   Dukung Home Care Service, Ketua TP PKK Lamongan Sosialisasikan Program Sambang Desa
Advertisements

“Modal awalnya hanya untuk membeli beberapa bahan kelapa dipasar, kemudian cat dan pernak-perniknya, kemudian ia mulai membuat bonsai Kelapa,” ungkapnya.

Purnomo menambahkan bahwa selama pandemi Covid-19 kemarin tidak berpengaruh pada usahnya, karena kegiatan jual beli banyak dilakukan di market place dan via media sosial, juga pengiriman luar kota menggunakan jasa pengiriman yang aman.

By GNews

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: