LAMONGAN, Ganasnews – Dusun Kudu, Desa Weduni, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan gelar Sedekah Bumi dan Temu Kangen Alumni di lapangan dusun setempat, Minggu (7/11/2021).

Setelah tertahan hampir dua tahun lamanya akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, kini mulai berangsur-angsur sirna hingga “lampu hijau” untuk melakukan kegiatan.

Sebagai antisipasi kejadian yang tidak diinginkan, acara ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Sehari sebelum acara puncak Sedekah Bumi dan Temu Kangen Alumni 2021 di Dusun Kudu ini diawali dengan khotmil Quran. hingga pada harinya (7/11) pukul 07.00 dilakukan kirap tumpeng / gunungan untuk mengawali acara.

Baca juga :   Inovasi Pemkab Lamongan Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Melalui UMKM
Advertisements

Tumpeng yang terbuat dari hasil tanam dan buah-buahan itu diarak menyusuri jalan perkampungan dusun setempat.

Menariknya, saat kirap ini, hampir semua warga dari anak kecil hingga dewasa, lelaki maupun perempuan turut menyemarakkan acara yang digelar dua tahunan ini.

Baca juga :   Pandemi Covid-19 Berkepanjangan, Komunitas Lamongan Peduli Gelar Aksi Sosial

Warga berdandan dengan berbagai macam busana khas daerah layaknya karnaval Agustusan.

Bukan hanya kirap tumpeng, acara ini juga diramaikan dengan group reog Singo Taruno Joyo dari Windu Karangbinangun. Acara di lanjut dengan istighosa dan doa bersama group sholawat Banjari Al Falah Qudsiyah dari dusun setempat.

Advertisements

By GNews

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: