LAMONGAN, Ganasnews.com – Inisiatif, Inovatif dan Kreatif sebutan yang cocok untuk Kelompok Tani Mulyo Jaya Dusun Kalangan Desa Doyomulyo Kecamatan Kembangbahu Lamongan.

Setelah sukses memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat desa dengan mengembangkan ternak kambing bantuan Dinas Peternakan Kabupaten Lamongan selama 6 tahun ini, tak menghentikan Kelompok Tani Mulyo Jaya dusun Kalangan Desa Doyomulyo Kecamatan Kembangbahu Lamongan untuk terus berpikir kedepan dengan menciptakan pakan ternak secara mandiri.

Ketua Kelompok Tani Mulyo Jaya, Wartim mengakui bahwa membuat pakan ternak yang diolah secara mandiri merupakan inisiatifnya bersama anggotanya, namun pengolahan pakan ternak memang membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai untuk kelancarannya.

Baca juga :   Ganas...Lamongan Lampaui Target 70 Persen Vaksinasi

“Bantuan ternak alhamdulillah sudah, dan lancar pengembangannya, kelanjutannya bantuan sarana dan prasarana yang kita harapkan apalagi kita ada salah satu pemberdayaan peternak sapi yang sudah dikunjungi dinas peternakan” ujar Wartim (5/11).

Advertisements

“Kita secara mandiri memang butuh, saat ini perlu mesin, perlu peralatan sarana dan prasana untuk memanfaatkan limbah-limbah pertanian. Kami sudah sampaikan kepada pihak dinas pertanian ketika beberapa kali sidak kesini tapi memang belum pernah dikasih bantuan, seperti mesin, sarana prasana itu belum ada, barangkali nanti dari pemerintah kedinasan terkait bisa memberikan sarana dan prasarana untuk kelancarannya,” paparnya.

Baca juga :   Bupati Yes Sidak Kondisi Terkini Sungai Plalangan
Bahan baku untuk pembuatan pakan ternak kambing
Bahan baku untuk pembuatan pakan ternak kambing

Pengolahan pakan secara mandiri dari limbah-limbah pertanian masyarakat setempat yang dilakukan Kelompok Tani Mulyo Jaya memudahkan untuk mencukupi kebutuhan pakan ternak kambing dan sapi mereka tanpa harus mencari rumput.

“Kita sudah mandiri bikin pakan dari hasil-hasil limbah pertanian seperti janggel, selambar jagung, kedelai atau jerami apapun itu kita manfaatkan,” jelasnya.

Advertisements

By GNews

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: