LAMONGAN, Ganasnews.com – Sukses mengembangkan kambing ternak bantuan dari Dinas Peternakan Kabupaten Lamongan, Kelompok Tani Ternak Mulyo Jaya, Dusun Kalangan, Desa Doyomulyo Kecamatan Kembangbahu mampu memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat desa anggotanya.

Wartim selaku ketua kelompok tani ternak Mulyo Jaya memaparkan bahwa mulai awal mendapat bantuan dari dinas peternakan pada tahun 2015 kelompok tani ini telah mengembangkan ternak hingga saat ini.

“Sekitar 6 tahunan pengembangannya sudah bisa dilihat dari laporan-laporan kita ke dinas setiap tri bulan atau beberapa bulan pasti ada, tahun 2019 kita dapat lagi sekitar 27 ekor, dan dikasih lagi di verifikasi lagi tahun 2020 kemarin, alhamdulillah kita diperhatikan oleh dinas, sekarang kira-kira hampir 200an kambing kalau kita hitung,” paparnya, Kamis (4/11).

Baca juga :   Tahu Tek Mantab Di Pojok Perempatan Jalan Kombespol Duryat Lamongan

Wartim menjelaskan kambing yang ada dikandang ini hanya ada indukan, sedangkan untuk peranakan diperuntukkan kesejahteraan kelompok sehingga indukannya itu tetap ada.

Advertisements

“Kalau memang ada kematian kita konfirmasi dengan dinas, kita laporan berita acara dengan kades, sampai sekarang kita di support mulai untuk acara-acara pelatihan, pengolahan kita mulai d perhatikan,” jelasnya.

Kandang Kambing milik Kelompok Tani Ternak Mulyo Jaya di Desa Doyomulyo Kecamatan Kembangbahu kabupaten Lamongan
Kandang Kambing milik Kelompok Tani Ternak Mulyo Jaya di Desa Doyomulyo Kecamatan Kembangbahu kabupaten Lamongan

Kesuksesan kelompok tani yang telah 6 tahun mengupayakan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat desa dengan mengembangkan ternak kambing bantuan dari dinas peternakan ini cukup diacungi jempol karena hingga kini tetap bertahan.

Namun disisi lain sarana dan prasarana peternakan belum mendukung, pasalnya kondisi kandang kambing terlihat tidak layak digunakan untuk pengembangan ternak, begitu juga akses jalan menuju peternakan yang becek dan licin ketika musim hujan tiba.

Baca juga :   Peroleh Peringkat Capaian MCP, Pemkab Lamongan Menjadi Tujuan Study Referensi Kabupaten Sumenep Dan Lampung Tengah

“Kalau kita sudah mulai 2015 sampai 2021 ini kita bersama pak kades sudah mengajukan kandang yang layak dari baja ringan, kita hanya pengajuan dari musrembang kecamatan, dan sudah masuk kita masih menunggu tembusannya hingga hari ini. Memang lahan tetap sudah ada untuk pengembangan tadi, beberapa waktu lalu juga sudah kita renovasi beberapa kali karena sudah tua dan terbuat dari bambu,” tuturnya.

Advertisements

By GNews

One thought on “Kelompok Tani Mulyo Jaya Sukses Mengembangkan Ternak Kambing Bantuan Dinas Peternakan Lamongan”

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: